Kisah Dibalik Keberangkatan Yesung Wajib Militer

Annnyeonghaseyo ELF!
        *tarik tisu, nangis lagi* Hari ini mimin benar-benar masih galau tiada ujung chingudeul T^T Udah kali kedua ini ngerasain ditinggal artis yang dicinta pergi dan rasanya.... arrggghhh!!! pengen nangis terus T^T Apalagi ini orang bias utama mimin, suami mimin, kecengan mimin, aah pokoknya apa aja ada sama dia *backsound menye* Oke berhubung ini event jadi trending seharian FULL dari tanggal 1 Mei 2013, jadi mimin berniat update (udah basi min, ciyus -_-) buat bagi-bagi info ke chingudeul semuanya. Oke capcus aja yuks, Cekidot!

- Awal masuk bulan Mei, tepatnya D-5 Yesung berangkat wamil Trending Topic Twitter sudah ramai membahas soal keberangkatan Yesung yang semakin dekat. Bahkan tweet Yesung yang mengatakan "Super Junior Yesung" pun juga ikut menjadi trending. D-5 juga ikut menjadi trending sampai di keesokan harinya


- Hastag official yang digunakan sejak lama oleh para ELF adalah #WeWillWaitForKimJongWoon dan #기다릴게김종운. Namun yang masih awet digunakan hingga hari ini adalah #WeWillWaitForKimJongWoon :')

- Dini hari di tanggal 6 Mei 2013, Yesung mengetweet "Good Night" kepada para ELF. Sejak itu lah para ELF mulai resah karena mereka takut jika itu tweet terakhir Yesung sebelum pergi wamil (mimin karena admin fanbase Yesung yah berusaha nenangin followers yang mulai takut *padahal mimin nggak kalah takutnya* dengan bilang "Maybe he wants us to make his enlistment just as a dream. When we're wake up, he's already comeback with us" ;-; )

- Sejak pagi, sudah banyak ELF yang berangkat menggunakan bus menuju tempat Yesung trainee untuk 1 bulan lamanya, Jeonju. Yang mengadakan event berangkat bersama antara lain fanbase super populer yaitu woobar (Selebihnya ada tapi mimin lupa apa aja -.-)

- ELF yang berkumpul di Jeonju tidak hanya K-ELF, melainkan cukup banyak juga ELF Jepang dan Cina yang menyempatkan diri untuk melepas Yesung ke wajib militer

- Dari tweet @sjissj, kondisi Jeonju saat mereka menanti kedatangan Yesung benar-benar panas dan mereka berdandan bak ninja untuk melindungi kulit mereka dari terik matahari. Kebanyakan dari mereka sudah berada di lokasi 3-4 jam sebelum jam 1 siang waktu Korea.

-  Geureumsori juga pelopor pembuatan banner besar serta sapu tangan berwarna kuning yang bertuliskan "사랑해 기다려" (saranghae gidaryeo = wait for love) Gambar itu pula yang digunakan mayoritas ELF sehari atau malah beberapa hari sebelum 6 Mei 2013.



- Saat menunggu Yesung tiba, banyak ELF yang disorot kamera wartawan yang sempat datang ke Jeonju untuk melaporkan langsung berita enlist Yesung ini.

- Setelah tiba waktunya, yaitu pukul 1 siang waktu Korea atau pukul 11 siang waktu Jakarta, para ELF pun mulai mempersiapkan mental lebih matang lagi agar saat bertemu Yesung secara langsung mereka tidak menangis.

- Hampir 1 jam mereka menunggu, namun Yesung tak kunjung datang. Hal ini membuat para ELF baik yang datang ke Jeonju maupun yang menanti update dari fanbase-fanbase semakin tidak karuwan. ELF takut jika Yesung benar-benar enlist secara tenang dan diam.

- Hingga akhirnya seluruh ELF pun menangis karena Yesung sudah masuk kedalam gerbang trainee TANPA menemui ELF meski hanya beberapa detik. Mereka yang sudah berusaha untuk menahan tangis, kini tangis mereka semakin keras karena Yesung tidak menghampiri mereka meski hanya beberapa menit.

- Setelah mereka melihat orang tua Yesung keluar, tangis mereka semakin keras dan berjalan mendekati orang tua Yesung. Ayah Yesung hanya diam dan tidak membuka suara. Sedangkan Ibu Yesung berusaha menenangkan para ELF yang menangis.

- Ibu Yesung bercerita bahwa didalam mobil Yesung sudah melambaikan tangannya diam-diam. Ia juga menyampaikan permintaan maaf sebesar-besarnya dari Yesung pribadi karena tidak menemui para ELF. Setelah mendengar cerita itu, ELF pun makin menangis.

- Kira-kira seharis setelah keberangkatan Yesung ke wajib militer, Jongjin (kalau tidak salah) mengeshare surat dari kakaknya itu yang tertujukan untuk ELF :" Bahkan Ibu Yesung pun mengakui bahwa ia sama sekali tidak tahu jika anak pertamanya itu menuliskan sebuah surat untuk ELF. Yaampun oppaa :"(



Kepada. E.L.F. ♥
Halo ELF^^
aku sedih ketika melihat kalian jadi aku tidak bisa tersenyum ke arah kalian.. Aku menulis surat karena aku tidak bisa menyapa kalian dengan baik~
Terima kasih untuk semua kenangan yang tak terlupakan bersama ku yang memiliki banyak kekurangan ini.
Untuk 2 tahun.. Aku (akan) sangat merindukan kalian dan sampai jumpa~
Aku akan selalu memikirkan panggung dan berharap bisa bernyanyi lebih banyak. Tapi.. Sejak aku berlatih selama 5 tahun & 8 tahun bersama kalian..
Membandingkan waktu-waktu itu, aku percaya kewajiban militer ku akan berlalu dengan cepat..!!
Aku akan menampilkan pribadi yang lebih sehat & keren lalu aku akan menyanyikan lagu yang bagus untuk kalian secepatnya^^ (aku) janji!
Jaga Super junior dengan baik~^^
Dan jangan melupakan aku~ OK?!
E.L.F. Aku mencintai mu~♥
2013/05/05,
Super Junior Yesung
Trans by @mySunshine_SJ + @heeyeol18
Via @CloudsINDONESIA

- Jongjin dan Sang Hyo juga mengirimkan surat untuk Tentara No. 149 Kim Jongwoon. Ini dia suratnya :"


(Surat dari Jongjin)
Hyung, aku sudah melihat baik-baik foto mu kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk setelah kau pergi, ibu sangat sedih, lebih sedih dari pada saat aku pergi(wajib militer dulu)..;; Aku… padahal baru bisa melihat ibu pertama kalinya setelah 100 hari kkkkkkkk tapi aku sedang melihat foto mu sekarang dan aku sedang menertawakan foto itu kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk
Tinggal disana rasanya cukup baik kan? Aku pikir kau akan melakukan lebih baik dari apa yang ku bayangkan jadi senang melihatnya.
Pertemuan berapi-api kita tetap diadakan, dan SungJoon-ee hyung meneleponku setiap hari. Inho melakukan pekerjaannya dengan baik dan aku akan pergi ke pulau Jeju sebentar lagi bersama MinJoo hehe
Aku lega karena tidak ada surat untuk mu sebelum yang ini
Aku yang pertama? kkkk
Aku mengunjungi WhyStyle dan Mobit dengan baik jadi jangan khawatir dan ibu mau mengatakan sesuatu untuk mu, “anak ku, cuacanya sekarang panas dan kau sedang melakukan pekerjaan berat. Aku sekarang lega karena melihat foto mu yang sedang tersenyum.”
Bekerja keraslah, dan aku akan menulis surat lagi kk
P.S disana tidak ada berita olah raga kan? kkkkkkkkkkkkk Hari ini, pemain Choo Shin Soo mencetak dua homerun dan homerun terakhirnya mencetak rekor jadi dia menjadi bintang. Untuk NBA, Camelo Anthony nya New York melakukan permainan bagus jadi mereka menang. Memphis’ Mike Conley mendapat angka 26 poin, 10 rebounds, 9 assists jadi mereka menang. Jadi New York dan Memphis membentuk angka kembali ke nol. Semuanya sekarang jadi 1:1
Dari 08 (2008/tahun masuk wajib militer Jongjin) Sersan Kim JongJin
Untuk 13 (2013/tahun masuk wajib militer Jongwoon) No.149 Prajurit Training Kim JongWoon


(Surat dari Sang Hyo)
Hyung kk aku SangHyo kkk
Aku yang kedua hehehe. Ah… hyung.. Aku pergi sebelum melihat kau masuk kedalam (pusat pelatihan).. Aku tiak melakukannya dengan baik ㅠㅠ aku akan melakukan sesuatu untuk mu lebih baik lagi lain kali hehe
Ketika aku bilang aku pergi lebih awal, aku ada didalam bus dan ditengah-tengah, (tiba-tiba) mobilnya manager hyung nampak jadi aku naik ke mobilnya..(kenapa aku pergi lebih awal?….)
Aku sedang berbincang di telepon dengan Jongjin sekarang. Kemarin malam, kau muncul dimimpiku. Di mimpi itu, kau sedang tidak dirumah jadi Jongjin dan aku bermain-main dengan gembira, dan saat jam 11 malam, kau mengetuk pintu kkk. Jadi aku melihat siapa yang mengetuk dan ternyata kau kkk kau pulang kerumah (dengan wajah kecoklatan) jadi Jongjin bertanya, “Hyung, bagaimana bisa kau pulang kerumah? Apa sesuatu telah terjadi?” dan kau mengabaikan kami kk dan masuk kedalam kamarmu, dan membungkus semuanya. kkk Jadi, ibu, ayah, Jongjin dan aku bertanya-tanya seperti, “Apa yang salah?” dan kau tiba-tiba kk bilang, “Ah sial, semua ini omong kosong. Aku akan menjadi tentara sungguhan. Aku berhenti menjadi penyanyi!” lalu meninggalkan rumah kkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk mimpi yang bodoh kkkkk
Ah sudah 3 hari sejak kau masuk wajib militer kkk aku menunggu 6/1. Aku ingin tau apa yang akan terjadi disana hehe
Aku lega melihat semuanya terlihat baik. kkk Sungjoon hyung, Sunggyu hyung, SungWook hyung, JoonHee hyung semuanya mau melihat mu hehehe. Sementara kau menghilang, sesuatu yang menyenangkan harusnya terjai pada kami… hehe Kami berperang di Mobit hehehe. Perang dengan cerita-cerita kehidupan militer kami hehehe. Hyung, sehat selalu dan sampai ketemu saat kau kembali. hehehe
P.S. Hyung, melanjutkan berita homerunnya pemain Choo Shin Soo, Ferguson mengumumkan pengunduran dirinya. Setelah musim ini, dia akan berhenti. Kandidat yang akan menggantikannya adalah Mourinhou, dan ada banyak rumor kalau Moyes juga kandidat kuat.
kkkk hyung, semangat. Makan nasi dengan sup tauge dengan nikmat hehehe. Aku akan pergi makan daging hari ini ^^^^^ fighting!!!!!
Aku tau kau akan melakukan yang terbaik!! Karena kau selalu dapat diandalkan hehe. Aku percaya kalau (tentara) lainnya akan menengarkanmu dengan baik
Sampai jumpa saat kau keluar ^^ hehe
Dari 08 (2008/tahun masuk wajib militer SangHyo) Sersan Park Sang Hyo
Untuk 13 (2013/tahun masuk wajib militer Jongwoon) No.149 Prajurit Training Kim JongWoon
(Apa jam di kantor pelatihan bergerak?)

Translate by @youngwoonjungsu
Photo source woonbar
Dipublikasikan kedalam Bahasa Indonesia oleh @CloudsINDONESIA

- Dan setelah lewat beberapa hari atau malah sebelum Yesung wamil, berbagai pesan dari kerabat dan teman-temannya pun terungkap dan inilah diantaranya :

Pesan Leeteuk:
Anggota kami, Yesung, sedang mempersiapkan wajib militer. Aku punya banyak kalimat yang ingin kukatakan padanya untuk memberi semangat. Sejujurnya, sekarang yesung sangat resah, dia bilang tidak tau bagaimana nanti dia akan bertahan hidup (di tempat wajib militer). Aku juga punya pemikiran seperti itu sebelumnya, tapi ketika pertama kali kau datang kesini, kau akan menyadari bahwa semua orang bisa melewati ini. Jadi walaupun Yesung tidak terlihat terlalu baik sekarang, kau akan menyadari bahwa semua orang bisa merasa melewati waktu, waktu akan berjalan sangat cepat. Sebelum masuk wajib militer, Yesung kita bekerja sangat keras dengan jadwal-jadwalnya. Jadi ketika kau datang, kau hanya perlu bekerja keras & belajar, semuanya akan baik-baik saja. Yesung-ah, sit up dan kau akan merasa lebih baik!
cr habipark – via 有志不在年糕 – trans by @ELF_thoughts
.
@Leo_Jeong (sepupu Yesung):
aku mengantar dia dengan baik! Sayangnya aku tidak punya foto hyung (yesung), tapi dia adalah tentara yang paling keren ditempat pelatihan^^ dia bilang dia akan bersenang-senang, akan selalu sehat lalu kembali! Hehe
trans by NKSubs
.
Jongjin di Facebook:
Hyung sudah masuk pusat pelatihan. Dia sudah menderita sakit pada bagian belakang, jadi dia pergi ke pusat pelatihan secara adil sebagai pelayan masyarakat (seperti Heechul). Karena alasan itu, dia tidak bisa masuk wajib militer dengan bangga. Dia ingin masuk secara diam-diam, tanpa mengatakan selamat tinggal kepada para penggemar, dan tanpa wawancara dengan wartawan.
Alasan mengapa dia ingin masuk wajib militer seperti ini karena beberapa orang yang punya pikiran jahat memandang seperti ‘jika kau tidak wajib militer sebagai tentara normal, kau adalah laki-laki yang keterbelakangan mental’, atau dengan mudahnya wartawan serta anti fans membuat keadaan ini menjadi ‘perbincangan’.
Ini adalah hasil (ditugaskan untuk menjadi pelayan masyarakat) yang dia terima dari tes kesehatan di kantor wilayah yang sama dengan orang lain. Apa yang dia lakukan benar-benar salah, hingga menerima serangan komentar itu.. Apa mereka merasa menjadi hebat dengan membuat serangan komentar semacam itu?
Apapun alasannya, aku merasa bahwa selebritis menjadi terkutuk jika mereka tidak menjalani wajib militer sebagai marinir atau pasukan perang. Tidak peduli walau mereka masuk sebagai tentara normal atau pelayan masyarakat. Orang-orang memaki mereka sebagai ‘tentara selebriti’, ‘bagian dari band tentara’, dan ‘pelayan masyarakat’..
Jika kamu atau seseorang disekitar mu melayani sebagai pelayan masyarakat atau ‘tentara selebriti’, apa kau akan memaki mereka seperti ini? Atau kau cemburu?
trans by youngwoonjungsu [please do not reword any part of the translation]
.
Ryeowook di Sukira:
dia(yesung) pergi hari ini.. aku akan merindukannya. Dia juga terlihat bagus dengan gaya rambut pendek. Sebelum dia pergi, di group chat semua member bilang ‘pergi & kembalilah dengan selamat!’ Donghae-ssi & kangin-ssi bilang semalam mereka minum teh sambil mengobrol dengan nya… dan beberapa hari yang lalu kami semua pergi makan-makan bersama. Dia akan menjalani pelatihan dan kembali dengan baik.
trans by NKSubs
.
@siwon407:
Pergi dan kembalilah dengan baik hyung(yesung)..
trans by 13elieveSG
Dipublikasikan dalam bahasa indonesia oleh @CloudsINDONESIA

       Yah kan mimin nangis lagi abis nulis ini T.T Demi apa rasanya tu agak gimanaa gitu dan susah dijelaskan dengan kata-kata. Kayaknya mimin udah terlanjur suka deh sama ahjussi yang mukanya nggak kenal umur satu ini ._. Anyway busway, jangan lupa komentarnya yah! Yang reshare awas aja nggak pake credit jelas! Nggak cuman admin disini yang bakalan bacok, tapi admin dari credit diatas bakalan kasih parang juga ke resharer yang urat malunya putus -_-" Min SJ pamit yah. Yang sama-sama Clouds sama-sama tabahkan diri ya, kita ngejanda rame-rame 2 taun aja kok :"

By : Ahn Sooyeon

1 komentar:

  1. yah, mimin, sedih kan gue jadinya.. flashback dah gue(?)
    tulisan di facebooknya jongjin itu yang jleb min,

    BalasHapus

No Silent Readers! Give a comment is EASY Right?... Gomawoyo^^